Jumat, 31 Desember 2010

Renungkanlah Wahai Pemuda


                                  

Berikan aku 5 pemuda maka aku akan merubah dunia, begitu lantang bung karno mengucapkan itu, bagaimana dengan kita sebagai pemuda, apakah kita tetap diam ataukah tergerak hati kita ataukah cumin bergerak seperti angin ucapan bung karno itu….renungkanlah wahai pemuda….
Paul G Stolk, guru” Adversity Quotient, mengungkapkan dan membagi respons manusia terhadap kesulitan dalam 3 tipe : Quitter(pecundang), Campers (pekemah), Climbers (Pendaki). Kalau kita lihat secara acak maka sudah terlihat dari ketiga tipe tsb, yang mana seorang pecundang hanyalah ingin kesenangan dan dia akan berhenti sesuka hatinya ketika menghadapi kesulitan dan ketidaknyamanan, si pecundang ini lebih milih mundur dari pada sengsara. Sedangkan yang tipe campers atau pekemah dia akan berhenti jika menemukan tempat yang nyaman untuk berteduh atau bermukim meskipun kalau dia kepingin naik lebih tinggi lagi ke bukit atau mencari cari dia akan mendapatkannya tapi tipe pekemah ini tidak mau susah payah. Sedangkan yang terakhir tipe climbers atau pendaki tipe ini lain dari yang lain dia akan terus mendaki walau dibawah ada tempat bagus, dia mendaki sampai puncak tertinggi dan tak pernah putus asa untuk mencapai itu semua.
Dari beberapa pendapat para pakar dunia masa muda memang lebih dominan dalam melakukan aktifitas dari masa tua, ketika kita lihat pendapat yang di ungkapkan Paul, maka kita tinggal pilih yang mana..? dan sebuah pilihan masa muda sangat berpengaruh dalam masa tua nanti, yang mana kalau masa muda kita gunakan yang senang senang tanpa kerja keras maka masa tua bisa kita tebak sendiri hasilnya.
So, tunggu apalagi, luruskan niat tata rapi dan aplikasikan lewat sebuah karya yang membanggakan semua orang dengan itu hidup jadi indah. Terlebih kita para pejuang pejuang IPM, sebagai kader sejati maka  keraslah pada dirimu maka dunia akan lunak" (Kepsek SMAMDA Sidoarjo). Hanya Allah yang tau terhadap apa yang kita perbuat.   (Ach.nazarudin).
                                                                                                                                                                           

0 komentar: